e-Rapor sebenarnya dirancang untuk memudahkan pekerjaan para guru dan wali kelas dalam membuat nilai rapor. Namun, sering kali sekolah belum menggunakannya hanya karena belum terbiasa dan merasa SDMnya kurang mampu. Padahal banyak pihak memberikan informasi dan panduan mengenai cara mengisi e-Rapor SD. Jika demikian amat disayangkan jika sekolah kurang memanfaatkan teknologi untuk memudahkan proses pembelajaran.
Manfaat e-Raport
e-Rapor merupakan aplikasi yang di rancang untuk mempermudah sekolah khususnya para guru dan wali kelas dalam melakukan penginputan nilai siswa sehingga dapat menghasilkan buku laporan hasil penilaian yang secara otomatis dapat dicetak dan dibagikan kepada setiap peserta didik. Buku laporan tersebut menjadi sebuah hasil akhir yang harus diketahui oleh setiap siswa dan orang tuanya sebagai bukti hasil pencapaian peserta didik selama mengikuti proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Saat ini dengan kurikulum 2013 terdapat beberapa aspek penilaian yang menjadi penentu kenaikan kelas seluruh peserta didik. Aplikasi e-Rapor dirancang dan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah sehingga sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu kurikulum 2013. Dengan aplikasi e-Rapor guru sangat terbantu dalam pengerjaan raport siswa sekaligus sangat menghemat waktu dalam proses pengerjaan dan dapat dikerjakan secara bersamaan. Bagi sekolah yang sudah menggunakan aplikasi e-Rapor, khususnya pada jenjang SD, tentu telah merasakan manfaat dari penggunaan aplikasi e-Rapor SD.
Hingga saat ini masih banyak SD yang belum menggunakan aplikasi e-Rapor dan hanya beberapa SD yang telah menggunakannya. Hal tersebut karena kurangnya sosialisasi oleh pihak dinas Pendidikan setempat. Padahal pihak pengembang e-Rapor telah menyediakan aplikasi e-Rapor SD tersebut agar dapat digunakan oleh setiap SD. Selain itu sebab lain masih banyaknya sekolah SD yang belum menggunakan aplikasi e-Rapor adalah banyak sekolah yang belum mengetahui keberadaan aplikasi e-Rapor jenjang SD sehingga sekolah hanya menggunakan aplikasi manual (misal aplikasi rapor berbasis excel) dalam melakukan proses penilaian untuk membuat rapor kurikulum 2013.
Pada artikel sebelumnya, kami telah membagikan aplikasi e-Rapor SD dalam dua versi yaitu aplikasi e-Rapor SD versi 1.0 dan yang terbaru untuk saat ini digunakan di tahun 2021 yaitu aplikasi e-Rapor SD versi 1.1.
Kelebihan aplikasi e-Rapor tersebut adalah sudah terintegrasinya dengan aplikasi dapodik sehingga data-data pembelajaran, data guru, data rombel, data siswa dan data-data lain yang menunjang proses pengerjaan e-Rapor dapat langsung secara otomatis ditarik dari dalam aplikasi dapodik dan dapat masuk ke dalam aplikasi e-Rapor melalui proses sinkronisasi. Manfaat lain yang dapat diperoleh sekolah dengan menggunakan aplikasi e-Rapor adalah sekolah tidak perlu lagi melakukan input nilai manual ke dalam aplikasi dapodik, karena jika sekolah sudah menggunakan aplikasi e-Rapor maka guru atau wali kelas dapat langsung mengirimkan data nilai yang telah diisi dalam aplikasi e-Rapor ke aplikasi dapodik melalui proses sinkronisasi.
Persiapan Menggunakan e-Rapor SD
Jika di sekolah anda telah memiliki Lab Komputer atau minimal memiliki beberapa Komputer atau laptop maka anda dapat mengonlinekan e-Rapor agar dapat diakses oleh guru dengan perangkat masing-masing. Cara tersebut akan mempercepat proses penginputan nilai sebab dapat dilakukan oleh masing-masing guru kelas dan guru bidang study serta setiap wali kelas secara bersamaan.
Dalam menggunakan aplikasi e-Rapor, sangat penting peran seorang admin yang akan menjadi pemandu dalam melakukan proses penilaian di dalam aplikasi e-Rapor SD. Biasanya admin e-Rapor adalah operator sekolah sebab aplikasi e-Rapor terhubung dengan aplikasi dapodikdasmen. Sehingga orang yang menangani aplikasi e-Rapor semestinya juga menangani aplikasi dapodik sekolah agar saat ada data-data yang akan ditarik dari aplikasi dapodik maka admin dapat dengan mudah mengurusnya.
Tugas seorang admin aplikasi e-Rapor SD dalam melakukan menajemen penilaian aplikasi e-Rapor antara lain adalah sebagai berikut :
- Mengambil data-data dari aplikasi dapodik.
- Men-generate data user melalui menu Data User.
- Mengubah password admin.
- Menambah admin (jika diperlukan).
- Membuat ringkasan nama untuk seluruh Mata Pelajaran
- Melakukan mapping mata pelajaran Rapor.
- Menginput KKM mata pelajaran.
- Menginput Tanggal Rapor (tanggal penerimaan rapor sesuai kaldik setempat)
- Mencetak Leger Rapor setelah semua nilai dikirim oleh guru mapel dan wali kelas.
- Melakukan sinkronisasi nilai ke aplikasi dapodik.
- Mem-backup data e-Rapor.
Guru dan wali kelas pun tidak luput dari tanggung jawab, masing-masing diharapkan bisa login ke dalam aplikasi e-Rapor SD. Guru mata pelajaran dan wali kelas nantinya dapat diberikan username beserta password yang akan digunakan untuk melakukan penilaian sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya. Adapun username dan password yang akan di gunakan untuk login ke dalam aplikasi e-Rapor dapat dibuat dan didistribusikan oleh admin aplikasi e-Rapor.
Panduan Cara Mengisi e-Rapor SD
Bagi anda yang menggunakan aplikasi e-Rapor SD dari MySCH.id, Beikut ini langkah-langkah mengisi e-Rapor SD:
- Login sebagai guru atau wali kelas (sesuai tugas anda masing-masing)
- Jika anda seorang guru bidang studi, klik menu Mapel Diampu, lalu inputkan nilai setiap siswa anda sesuai dengan KI dan KDnya. Nilai yang diinput akan otomatis masuk ke akun wali kelas. Jika ada KD yang belum tercakup, anda dapat menambahkannya sendiri.
- Jika anda seorang wali kelas, silahkan lengkapi nilai siswa anda pada menu Nilai Sikap Sosial, Nilai Sikap Spiritual, dan lalin-lain.
Sekarang kami akan bagikan e-book panduan dalam mengisi aplikasi e-Rapor SD. Dalam buku panduan tersebut telah dijelaskan tentang langkah awal dalam melakukan penginstalan aplikasi e-Rapor hingga menggunakan aplikasi e-Rapor SD. Buku panduan cara mengerjakan e-Rapor SD ini kami bagikan secara gratis agar membantu bapak dan ibu guru serta operator sekolah dalam memahami langkah-langkah menggunakan aplikasi e-Rapor SD. Silahkan anda download buku panduan tersebut di bawah ini:
Download Panduan Penggunaan Aplikasi e-Rapor SD Terbaru
Penutup
Semoga dengan dibagikannya buku panduan cara mengisi e-Rapor SD tersebut dapat bermanfaat bagi anda melakukan proses penilaian dengan baik dan benar. Semoga juga dengan sekolah anda menggunakan aplikasi e-Rapor maka akan dapat membuat sekolah anda semakin menjadi lebih maju dan kreatif khususnya dalam memainkan perannya sebagai sekolah masa depan berbasis IT.
Abdul Rosid S.Pd Reply
Amin