Pada zaman ini, penerapan sistem informasi sekolah berbasis web merupakan solusi untuk meringankan pengelolaan administrasi bagi beberapa pengurus di sekolah, termasuk staff dan guru, karena pemanfaatan platform digital.
Di samping itu, sistem ini dapat menjadi penghubung keadaan siswa kepada orang tuanya. Komunikasi dapat terjadi dengan mudah di antara ketiga pihak tersebut, yakni murid, orang tua, dan guru. Namun, apa sebenarnya alasan adanya sistem informasi ini? Apakah penting?
Ruang Lingkup Sistem Informasi Sekolah
Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaatnya, perlu memahami terlebih dahulu bagaimana sistem informasi berbasis web bekerja melalui sejumlah ruang lingkup. Ruang lingkup itu di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Situs Web
Situs web menjadi hal paling dasar yang harus ada dalam sistem informasi sekolah ini. Lewat situs, pihak sekolah dapat mempromosikan institusinya kepada khalayak umum. Selain itu, situs juga dapat mencantumkan informasi lain terkait perkembangan atau kegiatan di sekolah.
2. Sistem Informasi Akademik
Di samping itu, sistem informasi sekolah dapat mencantumkan informasi akademik. Misalnya, data para guru dan staf lain. Dengan adanya sistem ini, pengunjung dapat melihat informasi pribadi, jabatan, status, riwayat pendidikan, serta pelatihan yang pernah diikuti guru-guru terdata.
3. Sistem Informasi Penelusuran Alumni
Lebih jauh lagi, sistem manajemen sekolah dapat memuat data mengenai alumni. Persebaran alumni dapat menjadi penilaian pengunjung bagaimana sekolah tersebut menghasilkan output, apakah sesuai dengan kualitas yang diharapkan atau tidak.
4. Sistem e-Learning
Sistem ini menjadi sistem yang cukup penting pada era digital. Pembelajaran online dapat berisi dokumen atau konten tertentu untuk diakses kapan saja, termasuk di luar jam belajar siswa. Bahan ajar tersebut dapat berupa modul, tugas, atau fitur tanya-jawab di antara siswa dan guru.
5. Sistem Raport Digital
Berikutnya adalah sistem penilaian akhir bagi siswa setelah ujian, atau kerap disebut sebagai raport. Raport dapat dimodifikasi menjadi bentuk digital dengan memanfaatkan sistem informasi sekolah berbasis web ini agar aksesnya menjadi lebih mudah dibandingkan dengan raport fisik.
6. Sistem Informasi Poin Siswa
Sistem poin di sini maksudnya adalah suatu metode yang dapat dipakai oleh sekolah dalam menilai dan meningkatkan sikap disiplin para muridnya, khususnya poin-poin dalam taat akan aturan.
Sekolah dapat menggunakan sistem poin ini untuk memberi tahu orang tua mengenai pelanggaran yang pernah dilakukan oleh siswa tersebut. Ini bertujuan agar siswa tersebut dapat lebih berhati-hati lagi dalam bersikap di kemudian hari.
Manfaat Keberadaan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web
Bagaimana sistem informasi sekolah ini dapat bermanfaat lebih bagi pengelola administrasi, guru, dan staf lain di lingkungan sekolah? Simak poin-poin berikut ini.
- Menyederhanakan laporan kehadiran, di mana sistem dapat mengatur kategori para siswa berdasarkan tingkatan, kelas, jenis kelamin, dan sebagainya.
- Pengerjaan tugas lebih mudah, di mana sistem e-learning dapat diakses dari mana saja dan kapan saja, tidak harus menemui guru secara tatap muka di jam pelajaran.
- Pengelolaan ujian lebih baik, di mana data penilaian dapat langsung dicatat dan disimpan otomatis, pun pengerjaan soal dapat dilakukan tanpa kertas.
- Kemudahan pembayaran SPP, karena sistem langsung terintegrasi dengan data keuangan sekolah serta tahap yang cepat dan mudah tanpa antre.
- Menjadikan komunikasi lebih efektif, dengan adanya ruang lingkup atau fitur berapa kolom untuk bertanya-jawab antara pengajar dan pelajar.
- Memudahkan proses penerimaan siswa baru, di mana pendaftaran dan urusan administrasi langsung dilakukan melalui sistem informasi sekolah dengan basis web ini.
- Akses luas, tidak hanya oleh guru dan staf administrasi, tetapi juga murid dan orang tua untuk memantau perkembangan kegiatan belajar.
- Pengelolaan staf menjadi efisien, termasuk dalam hal kehadiran juga pencatatan gaji yang otomatis dikalkulasi berdasarkan kehadiran dan pengambilan cuti.
- Pengelolaan inventaris lebih praktis, karena sistem akan bekerja lebih baik dalam mengelola koperasi sekolah terkait data mengenai item yang hampir habis atau masih tersedia banyak.
Dapat disimpulkan bahwa sistem informasi sekolah berbasis web akan jauh memudahkan pekerjaan pihak administrasi dalam mengelola hal-hal terkait pendataan guru, staf, juga siswa. Mari kembangkan sistem informasi sekolah dari sekarang!