Keberadaan Sarpras di sekolah sangat berarti bagi kelangsungan kegiatan pendidikan. Pengadaannya pun rata-rata menggunakan dana yang bersumber dari pemerintah. Oleh karena itu, Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) wajib membuat laporan sarpras sebagai bentuk pertanggungjawaban penggunaan dana sekolah. Mengetahui perbedaan sarana dan prasarana pendidikan dengan baik dapat memberikan gambaran yang baik dalam penyusunan laporan dan manajemen sarana prasarana sekolah.
Pengertian Sarana dan Prasarana
Sebelum membahas perbedaannya, penting untuk terlebih dahulu membahas tentang apa arti dari sarana dan prasarana itu sendiri. Secara etimologis, Sarana adalah objek yang secara langsung dapat digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan. Sedangkan Prasarana adalah objek yang secara tidak langsung digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan. Biasanya, prasarana merupakan objek pendukung dari kegiatan pendidikan di sekolah.
Dari definisi tersebut, maka objek sarana maupun prasana tidak selalu berupa objek fisik. Objek yang bersifat seperti administratif maupun peraturan juga dapat terkategori sarana atau prasarana pendidikan, misalnya tata tertib sekolah.
Pengertian Sarana Dan Prasarana Menurut Para Ahli
Menurut Tholib Kasan (2000 : 91), sarana pendidikan adalah alat langsung untuk mencapai tujuan pendidikan; contohnya ruang kelas, buku, perpustakaan, laboratorium, dan sebagainya. Sedangkan prasarana secara etimologi (arti kata) berarti alat tidak langsung untuk mencapai tujuan tertentu.
Adapun menurut E. Mulyasa, sarana pendidikan adalah peralatan dan perlengkapan yang secara langsung dipergunakan dan menunjang proses pendidikan, khususnya proses belajar mengajar. Sedangkan Prasarana pendidikan adalah fasilitas yang secara tidak langsung menunjang keberlangsungan proses pendidikan atau pengajaran, seperti halaman, kebun, taman sekolah, jalan menuju sekolah.
Depdiknas (2008 : 37), telah membedakan antara sarana pendidikan dan prasarana pendidikan. Sarana Pendidikan adalah semua perangkat alat, bahan, dan perabot yang langsung digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Adapun Prasarana Pendidikan adalah semua perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah (Barnawi dkk, 2012 : 47-48).
Perbedaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan
Mengingat pengertiannya yang hampir sama yaitu seputar infrastruktur sekolah, penggunaan istilah Sarana dan Prasarana sering dilakukan secara bersamaan. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang dapat dikenali dengan mudah. Perbedaan sarana dan prasarana dalam lingkungan sekolah dapat dikategorikan menurut bentuk, sifat, fungsi dan sumber pendanaannya.
1. Menurut Bentuknya
Dilihat dari bentuknya, maka Sarana merupakan objek bergerak yang biasanya berukuran relatif kecil. Sedangkan Prasarana merupakan objek tak bergerak yang biasanya berukuran relatif besar atau sulit dipindahtempatkan.
2. Menurut Sifatnya
Jika dilihat dari sifatnya, Sarana Pendidikan lebih bersifat objek yang habis pakai, sehingga pengadaannya bersifat rutin. Sedangkan Prasarana Pendidikan dapat digunakan berulang kali tanpa kehilangan fungsinya meskipun akan ada penurunan kualitas atau kemampuannya.
3. Menurut Fungsinya
Sementara munurut fungsinya, Sarana Pendidikan merupakan objek-objek yang memiliki peran utama dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Adapun Prasarana Pendidikan merupakan semua objek yang berfungsi sebagai pendukung dari kegiatan belajar dan mengajar.
4. Menurut Sumber Pendanaannya
Yang terakhir menurut sumber pendanaannya, pendanaan sarana pendidikan biasanya dapat menggunakan dana BOS. Sedangkan untuk pendanaan prasarana pendidikan tidak semua dapat menggunakan dana BOS, contohnya untuk rehabilitasi prasana dengan kriteria kerusakan sedang hingga berat termasuk pembangunan gedung baru.
Contoh Sarana dan Prasarana Pendidikan
Agar penjelasan tentang perbedaan sarana dan prasarana ini lebih jelas, di bawah ini akan disajikan contoh-contoh sarana dan prasarana pendidikan.
| Sarana Pendidikan | Prasarana Pendidikan |
|---|---|
| Papan tulis, kapur, penghapus, meja, kursi | Gedung dan ruang kelas |
| Pipet, gelas ukur, alat laboratorium | Gedung laboratorium |
| Peluit, bola (bola basket, bola sepak, dll) | Lapangan olahraga |
| Laptop, meja dan kursi guru, almari berkas, dll | Ruang kantor guru dan kepala sekolah |
| Kapas, obat merah, matras | Gedung atau ruang UKS |
| Rak, buku, kursi dan meja baca | Gedung atau ruang perpustakaan |
Penutup
Demikianlah perbedaan sarana dan prasarana pendidikan yang ada di lingkungan sekolah. Dengan mengetahui perbedaan masing-masing, anda dapat dengan mudah melakukan manajemen sarana dan prasarana sekaligus membuat laporannya. Dalam kasus pembuatan laporan sarpras sekolah, kini anda dapat melakukannya secara digital dengan aplikasi e-Sarpras. Sebuah aplikasi pengelolaan dan pelaporan sarana dan prasarana sekolah berbasis web untuk memudahkan pekerjaan administrasi di sekolah anda.